Kamis, 12 Juli 2012

Perencanaan Pesisir Teluk Ambon Luar


Oleh : Cyecilia Pical, Verolina Daada, Romla Acim, Monalisa Lainata, Nurfitri Henaulu dan Roosnilawati Marasabessy

I   PENDAHULUAN


1.1       Latar Belakang
            Perairan Teluk Ambon terbagi menjadi dua bagian dengan karakteristik yang juga berbeda. Teluk Ambon Dalam (TAD) memiliki kedalaman 44 meter sedangka Teluk Ambon Luar (TAL) memiliki kedalaman mencapai 100 meter dan berhubungan langsung dengan Laut Banda. Teluk Ambon termasuk perairan yang khas dengan berbagai ekosistem pantai tropis di dalamnya seperti Ekosistem Mangrove, Ekosistem Lamun, Ekosistem Terumbu Karang dan lain sebagainya (Sediadi, 1985).
            Teluk Ambon menjadi suatu bagian penting dalam perkembangan Kota Ambon sebab pusat kegiatan ekonomi berpusat di daerah pesisir Teluk Ambon, termasuk juga Teluk Ambon Luar. Pesisir Teluk Ambon Luar menjadi bagian dari pusat Kota Ambon baik untuk kegiatan ekonomi, sosial, industri, pariwisata dan lainnya. Melihat tingginya intensitas pembangunan di daerah pesisir saat ini, maka perlu dibuat perencanaan pesisir khususnya bagian pesisir TAL sehingga setiap pembangunan yang dilakukan dapat terarah dengan baik. Selain itu perencanaan yang dibuat harus mengacu kepada potensi dan permasalahan pesisir sehingga perencanaan pembangunan yang akan dilakukan dapat mengatasi permasalahan dimaksud.

1.2       Tujuan
            Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah agar dapat membuat perencanaan pesisir dan laut  Teluk Ambon Luar secara sederhana dengan mempertimbangkan potensi dan permasalahan yang ada.


II   PEMBAHASAN

2.1       Deskripsi Lokasi Teluk Ambon Luar
            Teluk Ambon Luar (TAL) merupakan bagian luar dari daerah Teluk Ambon meliputi pesisir Tantui hingga pesisir Seilale di sebelah selatan dan pesisir Rumahtiga hingga Alang di sebelah utara. Dibandingkan Teluk Ambon Dalam (TAD), TAL  lebih luas, dalam dan berhubungan langsung dengan Laut Banda. Luas teluk ini sekitar 143,5 km2 dan panjangnya sekitar 30 km. Ekosistem yang ada di kedua bagian teluk ini adalah ekosistem mangrove, terumbu karang, padang lamun, rumput laut dan sebagainya. Kondisi perairan TAL lebih terbuka sehingga banyak mendapatkan pengaruh langsung dari Laut Banda. Sedangkan kawasan pesisirnya lebih dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan ekonomi dan pembangunan dan pariwisata.

Perencanaan Pesisir Teluk Ambon Luar 2012


Selengkapnya dapat didownload pada link berikut : Perencanaan Pesisir TAL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

SHARE IT !