Jumat, 13 April 2012

Gugus Pulau di Maluku


GUGUS PULAU DI MALUKU
oleh: Cyecilia Pical (2009-63-028)
MSP-FPIK-UNPATTI AMBON 2012

                Provinsi Maluku merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki pulau kurang lebi sebanyak 1.412 pulau (BAPEDA MALUKU, 2007). Pulau-pulau ini terdiri dari pulau-pulau besar maupun pulau kecil. Luas wilayah provinsi Maluku adalah 712.480 Km2 yang terdiri dari 92.4% lautan dan 7.6% daratan. Daerah laut yang luas inilah yang memisahkan ribuan pulau-pulau yang ada di Maluku. Dengan mempertimbangkan kondisi geografis Provinsi Maluku dimana terdapat banyak pulau yang terpisah satu dengan yang lainnya, maka dibuatlah konsep gugus pulau sehingga pembangunan dapat lebih terarah. Gugus Pulau adalah sekumpulan pulau-pulau yang secara geografis saling berdekatan, dimana ada keterkaitan erat dan memiliki ketergantungan/interaksi antar ekosistem, kondisi ekonomi, sosial dan budaya, baik secara individual maupun secara berkelompok. Berdasarkan definisi ini, maka dibentuk gugus-gugus pulau di Maluku dimana dengan mempertimbangkan karakteristik setiap pulau terlebih dahulu. Konsep gugus pulau yang dibangun bertujuan agar laut yang luas akan menjadi penyatu terhadap hamparan pulau-pulau yang terpisah satu dengan yang lainnya.
                Konsep gugus pulau di Provinsi Maluku telah mengalami perubahan selama 2 kali. Awalnya berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) Provinsi Maluku tahun 2003-2008 hanya terdapat 6 gugus pulau, tetapi dengan perkembangan waktu maka tuntutan pembangunan juga meningkat sehingga terjadi pengembangan gugus pulau menjadi 12 gugus pulau yang dipertimbangkan berdasarkan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Maluku tahun 2007-2027. Pembangunan Daerah Maluku sebagai Provinsi Kepulauan, akan dikembangkan melalui pendekatan pembangunan berbasis Gugus Pulau dan Kawasan Laut Pulau. Berdasarkan BAPEDA Maluku, 2007, Provinsi Maluku  dikelompokkan atas 12 Gugus Pulau yang didasarkan pada beberapa kriteria sebagai berikut:
-    Kedekatan geografis,
-    Kesamaan budaya
-    Potensi sumberdaya alam
-    Kesamaan perekonomian, dan
-    Orientasi ekonomi. 
Masing-masing Gugus Pulau ini diharapkan dapat  menjadi wilayah yang mandiri, yaitu mampu memenuhi kebutuhan wilayahnya  dan  mengembangkan potensinya secara berkelanjutan. Pada setiap gugus pulau telah ditetapkan pusat pertumbuhan gugus pulau, yang pengembangannya diharapkan mampu mendorong wilayah sekitar atau wilayah belakang di dalam gugus pulau. Perubahan jumlah gugus pulau berdasarkan kajian melalui RTRW Provinsi Maluku tahun 2007-2027 diharapkan dapat menjamin adanya keterjangkauan (accessibility); ketersediaan (availability); kepastian (acceptability); dan berkelanjutan (sustainablity) penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan masyarakat. Perubahan ini dilakukan lebih spesifik dengan mempertimbangkan Renstra sebelumnya yang menetapkan 6 gugus pulau dengan cakupan geografis yang terlalu luas sehingga aksesibiltas masyarakat tidak berjalan dengan baik.
                Tujuan disusunnya konsep gugus pulau adalah memudahkan hubungan antar pulau sebagai konsekuensi dari adanya penyebaran pulau-pulau dalam wilayah Provinsi Maluku. Sehingga semua lapisan masyarakat pada pulau-pulau tersebut akan mendapatkan pelayanan fasilitas sosial-ekonomi yang memadai sesuai proporsinya. Di samping  memudahkan sektor-sektor melaksanakan program-programnya, serta tercapai keterkaitan fungsional yang dapat mendorong peningkatan kualitas dan kemampuan wilayah (BAPEDA MALUKU,2007).
                Provinsi Maluku yang merupakan kepulauan dengan kondisi laut dalam mengakibatkan terbatasnya hubungan antar satu pulau dengan pulau lain dan antar satu kabupaten dengan kabupaten lain. Oleh karena itu untuk memudahkan koordinasi, pengelompokkan pulau-pulau yang berdekatan dan saling berkaitan erat dilakukan sebagai upaya memudahkan hubungan dan pengawasan serta pelaksanaan program kegiatan (BAPEDA MALUKU, 2007)

Peta Gugus Pulau Maluku berdarakan Rencana Strategi Maluku Tahun 2003-2008
Peta Gugus Pulau di Maluku berdasarkan RTRW tahun 2007-2027 

Tabel Pengembangan Wilayah Gugus Pulau Provinsi Maluku
Gugus Pulau Provinsi Maluku
RENSTRA 2003-2008
RENSTRA 2008-2013 (RTRW 2007-2027)
1.  Gugus Pulau I meliputi:
      Pulau Buru, Seram, Ambon, Haruku, Saparua, Geser, Gorom, Manowoko, Banda, Teon, Nila & Serua.
1.    Gugus Pulau I meliputi:
       Pulau Buru
2.  Gusus Pulau II meliputi:
Kep. Kei dan Kasui
2.    Gugus Pulau II meliputi:
       Seram Barat
3.   Gugus Pulau III meliputi :
      Kepulauan Aru
3.    Gugus Pulau III meliputi:
       Seram Utara
4.  Gusus Pulau IV meliputi:
Kepulauan Tanimbar (P.Yamdena, Larat, Waliaru, Selaru, Selu, Sera & Molu)
4.    Gugus Pulau IV meliputi:
       Seram Timur
5.  Gugus Pulau V meliputi:
Kep. Babar dan P. Sermata
5.    Gugus Pulau V meliputi:
       Seram Selatan
6.  Gusus Pulau VI meliputi:
P.Damar, Romang, Leti, Moa, Lakor, Kisar dan Wetar
6.    Gugus Pulau VI meliputi:
       Kepuluan Banda dan TNS

7.    Gugus Pulau VII meliputi:
       Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease

8.    Gugus Pulau VIII meliputi:
       Kepulauan Kei

9.    Gugus Pulau IX meliputi:
       Kepulauan Aru

10. Gugus Pulau X meliputi:
       Kepulauan Tanimbar
         
11. Gugus Pulau XI meliputi:
       Kepulauan Babar

12. Gugus Pulau XII meliputi:
       Kepulauan Pulau-Pulau Terselatan dan Wetar

Data selengkapnya dapat didownload pada link ~> READ MORE IN HERE . . .

REFERENSI
BAPPEDA MALUKU.2007.Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Maluku 2007 – 2027.PEM PROV MALUKU:Ambon
Haryanto Tulak, M. Yamin Jinca dan M. Alham Djabbar.2010.Analisis Bangkitan Perjalanan Gugus Pulau Sebagai Bagian Demand untuk Pengembangan Jaringan. Universitas Hasanuddin: Makassar (Diakses dari pasca.unhas.ac.id/jurnal/.../c9974c2d3dcc72130344acb5efb50e7c.pd... pada Rabu, 11/04/2012; Pukul 23.22 WIT)
http://www.burukab.go.id/(Diakses Rabu, 11/04/2012; Pukul 20.21 WIT)
http://www.serambagiantimurkab.go.id/?v=pr&id=75(Diakses Rabu, 11/04/2012; Pukul 23.22 WIT)
http://www.malukutenggarakab.go.id/ (Diakses Rabu, 11/04/2012; Pukul 20.27 WIT)
Susanto,Andriko., M.Sirapa.2007.Karakteristik dan Ketersediaan Data Sumberdaya Lahan Pulau-Pulau Kecil untuk Perencanaan Pembangunan Pertanian di Maluku.BPTP Maluku:Ambon (Diakses dari pustaka.litbang.deptan.go.id/publikasi/p3262071.pdf, Kamis, 12/04/2012; Pukul 20.19 WIT)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar